Dildaar80's Weblog

Kritik terhadap Film ‘2012’

Posted on: 21 November 2009


Namun pribadi saya sendiri (yang amat lemah) sering tergoda untuk menonton film2 fiksi ilmiah seperti Jurasic Park, dentis peak, deep core, volcano, dsb, yang terkadang bisa memberi gambaran lebih jelas (daripada sekedar membaca) tentang proses2 alam. Dan saya sering mendiskusikan/ bedah film tersebut dengan mahasiswa saya, sebagai bagian dari proses belajar mengajar di kampus.

Film 2012 sendiri menjadi menarik buat saya terutama setelah saya mendengar fatwa haram dari MUI (Amidhan) karena film ini menceritakan kiamat, and bla bla (metro TV senin 16 Nov malam). Sehingga besok sorenya langsung saya tonton. Kesan saya setelah menonton, film ini walau mengangkat issue ilmiah, namun justru banyak hal yang terasa kurang ilmiah.

Berikut ini beberapa kupasan ilmiah yang menjelaskan kekurang ilmiahan film tersebut:
– Pertama; kehancuran dunia itu dipicu oleh ketidakstabilan inti akibat gaya tarik matahari dan inti galaksi, yang seakan memiliki periode ulang tiap 70 jt tahun (jurasic). Setahu saya, 70 jt tahun yll, memang terjadi laut naik maksimum (maximum sea level rise) namun tidak disertai dengan pergeseran lempeng secara cepat sebagaimana ditampilkan dalam film 2012.

– Kedua: Terbentuknya patahan besar di amerika bagian barat ( 600 an km relatif utara selatan) dalam waktu 2 jam, berarti rekahan itu membuka dengan kecepatan rata2 300 km/ jam. Namun dalam adegan mobil (yang disupiri oleh aktor utama) berlari berkejaran dengan rekahan nampaknya si mobil berhasil melewati/ menyamai kecepatan rekahan. Agak mengherankan di tengah2 lalulintas yang padat, sebuah mobil dapat melaju lebih dari 300 km/ jam.

– Ketiga: Dalam adegan pesawat yang berkejaran dengan abu gunung api (pyroclastic ash) tampak pesawat sempat masuk ke dalam badai abu namun akhirnya keluar dengan selamat. Apabila kita ingat kejadian pesawat garuda yang mesinnya mati akibat kemasukan abu vulkanik gunung galunggung di tahun 1983 an (padahal tidak disaat meletus), dan berbagai pesawat jatuh akibat kemasukan abu vulkanik lainnya, nampaknya adegan ketika sang aktor utama dengan pesawat berbaling-baling (propeler) dapat keluar dari abu sangatlah mengherankan.

– Keempat: perlu pula diketahui, semburan pyroclastic ash dari gunung yang baru meletus itu suhunya sekitar 600 derajat celcius, harusnya orang2 yg didalam pesawat akan termasak hidup2 ketika pesawatnya masuk ke dalam abu tersebut.

– Kelima: Ketika pesawat Antonov yang dinaiki sang aktor melewati Hawai yang sudah porak poranda karena gunungnya meletus, pesawat tersebut dapat terbang dengan normal-normal saja.

– Keenam; ketiga kutub utara bumi berubah menjadi kutub barat dan timur, lalu bagaimana bumi bisa berotasi? Sedangkan kehidupan pada waktu itu masih lancar2 saja kecuali pada daerah yang sudah mengalami tsunami dan gempa.

– Ketujuh: inti bumi itu sebenarnya padat, namun dalam film tersebut ditampilkan bahwa dibawah permukaan seperti ruang kosong dimana bangunan, gedung2 bertingkat dapat masuk/ terjun ke bawah.

-Kedelapan: tidak semua bagian bawah bumi itu ada magma, karena magma hanya berada pada jalur subduksi (volcanic arc) saja. Namun tampaknya di dalam film di setiap rekahan yang terbentuk nampak ada magma yang mengalir (sangat tidak logis).

-Kesembilan : Ketika pesawat antonov yang dinaiki sang aktor kehabisan bahan bakar padahal tujuannya China, seharusnya mereka mendarat di laut namun ternyata mereka mendarat di daratan China. Dalam film itu dikisahkan bahwa dataran China bergeser menuju Hawai (lebih dari 8000 km) dalam waktu kurang dari 10 jam. Artinya dataran itu bergerak dengan kecepatan lebih dari 800 km/ jam (mirip pesawat terbang). Sedangkan pegunungan himalaya dan suku Tibet di atasnya digambarkan baik2 saja. Bahkan helicopter (yang kecepatannya hanya 300 km/ jam) pun dapat berlalu-lalang dengan enaknya di pegunungan himalaya. Apabila datarannya bergerak dengan kecepatan 800 km/jam, bagaimana helicopter di atasnya bisa bergerak dengan mudah take off dan landing dengan santainya??

> -Kesepuluh : dalam zaman akhir Kapur, seluruh es pernah mencair, kandungan uap air menurun, sehingga muka air laut naik (tertinggi). Ternyata jumlah volume air bila seluruh air dijatuhkan ke laut hanyalah akan mengangkat muka laut hingga 200 an meter dari sekarang. Nah dalam film itu, air laut naik hingga mencapai 29.000 feet…… atau hampir 10 km…10.000 m??? Bagimana bisa?? dari mana air itu berasal???

> -Kesebelas: dalam film itu digambarkan bahwa Pegunungan Himalaya adalah daerah yang hancur belakangan, karena merupakan daerah tinggian (terakhir tenggelam). Padahal sesungguhnya daerah Himalaya adalah daerah collision (tumbukan) dari 2 lempeng yang bersifat tektonik aktif. Lalu bagaimana Himalaya justru hancur belakangan??

> -Keduabelas : ah… didit_ndut udah ngantuk … dongengnya dicukupkan dulu aja.
>
> Salam
>
> Didit_ndut
> Staff pengajar Sejarah Bumi (Geologic History).
> Lab of Paleontology and Stratigraphy.
> Gadjah Mada University.
> Indonesia

Iklan

12 Tanggapan to "Kritik terhadap Film ‘2012’"

wah..rasanya film2 hollywood mmg tidak pernah berpretensi memenuhi logika ilmiah.. jangankan kasus 2012, film2 sebelumnya seperti superman, batman, spiderman (yang semuanya juga booming) dimana logika ilmiahnya??

jadi 2012 mmg dibuat dramatis utk tujuan komersil semata…..

Thanks infonya benar2 mendidik, saya belon nonton…duh jadi pengen nih…

jngan diteruskan, karena film kiamat 2012 saya anggap termsuk seset….!!!!!!!!!!!!!

Terserah aja mau nonton jg silakan… asal pakai akal sehat aja nontonnya.. sbg fun.

assalamualaikum, walaupun hanya sekedar imajinasi, semoga memberikan pencerahan akan dekatnya (sudah) akhir zaman..sayangnya “ratu adil” tidak muncul dalam film itu untuk memberi pertolongan umat manusia, sayang sutradaranya mungkin belum pernah baca “tanda-tanda akhir zaman”,…kepriben yaa.. tn. dildaar

u jngan berkta bgtu,imajinasi za imajinasi, tpi ni menyangkut ketentuan allah, sya ingatkan jngan mengumbar nafsu belaka…….

Saya aja nonton itu film langsung aja kesel… hayal sekali… masa’ dia bisa menghindari sebegitunya bencana… bencananya juga ndak masuk akal alias tidak ilmiah… dan benar juga, ketemu infonya ini, benar juga keraguan saya… ini film tidak ilmiah… Thanks infonya…
masih mending lah film fiksi ilmiah seperti vulcano, yang masuk diakal atau angels & daemons, dan da vinci code…
@ zone forester : bego lo… kalo spiderman, batman itu tokoh hayalan saja… ini yang dibicrakan sekarang tentang film 2012 yang katanya film fiksi ilmiah…

sya sepaham dngan pendpat anda…thaks

mnurut sya, tdak stju coz hnya mbuat fiktif belka, klau mau membuat film lg jngan di kasih thunny, biar gk da org yang menyatakan sesat, waktu sya dengar judulnya ja sya dah gk setju………..thanksssssssssss

silakan baca tulisan Mas Ulil tentang 2012 di situs JIL-nya..pasti asyik. Saya sendiri malah dikagetkan oleh komentar anak saya (tepatnya siswa saya), ‘pak kapalnya ada tiga, kayaknya simbol trinitas’. Apa bener kapalnya ada tiga? aneh walau sudah nonton, tapi saya bener-bener cuma menikmati teknologi fx-nya saja jadi suka lupa untuk mengecek teori siswa saja tadi.

Sekali lagi, silakan saja baca tulisannya mas Ulil, renyah banget..

annnnnnnnnnneeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhh……………………………………………………………………..

Film 2012 jelas2 aneh, Gk masuk akal banget. Katanya menggambarkan kiamat.masa kok buminya cuma hancur sementara/sebagian? Kalo kiamat kan semuanya tho? Bahkan planet2 laen. Anak kecil ja tau,gambaran kiamat. And satu lagi yg paling gk masuk akal (ketika aktor utamanya mengendarai mobil,pesawat. Liat,bencana nya seolah2 mengejar mereka.mengejar bagai hewan yg kelaparan. Masa bencana nya cuma tertuju pada satu arah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya

November 2009
M S S R K J S
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Top Rating

Tweetku

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: