Dildaar80's Weblog

Apakah Ruh itu Kekal?

Posted on: 7 November 2009


Soal: Apakah ruh itu fana (tidak kekal) atau tidak fana?
Jawab: segala sesuatu itu fana dlm pengertian, bahwa segala sesuatu tidak dpt mempertahankan wujudnya dngn sendirinya. Hanya Zat Allah s.w.t. sajalah yg bisa mempertahankan keadaannya. Ruh pun berdiri di atas dasar pengertian itu.

Ruh-ruh selain ruh manusia yg Allah tidak mengadakan hubungan dengannya, semuanya itu pasti akan musnah dan fana. Tetapi manusia – zat yg bisa memperoleh wahyu dan ilham, dan jg mereka memperoleh/memiliki kemampuan utk dpt berbicara dengan Allah – keberlangsungan hidupnya tidak bergantung kpd badan jasmaninya, sebab sekali pun sudah berpisah dengan badan jasmaninya, ia masih tetap dpt bertahan.

Timbul satu pertanyaan, yaitu berapa lamakah ida dpt bertahan dalam keadaan seperti itu? Keputusannya hanya Allah sajalah yg tahu.
Menurut pendptku, ruh itu dari derajat yg satu bisa terus maju meningkat kpd derajat yg lebih tinggi, dan begitu pula dngn adanya berkat nusrat dan pertolongan Ilahi, keadaannya akan meingkat semakin baik dan secara mutawatir (berkesinambungan) akan terus menempuh safar (perjalanan) menuju Tuhannya. Safar tersebut merupakan perjalanan yg tidak ada hiingganya.

Untuk hal itu kita tidak bisa menggunakan kata ‘abadi’ (langgeng). Ukuran kelanggengan menurut kita tdk bisa kita terapkan kpd hal tersebut. Pada kenyataannya manusia itu tdk bs hidup abadi, akan tetapi setelah ia mati , ia tetap ‘hidup’.

Jadi, apakah sebenarnya ‘maut’ atau kematian itu? Maut adalah berobahnya satu keadaan kpd keadaan yg lain. Oleh karena itu, apabila dlm kenyataannya ruh pun menempuh tingkatan perobahan yg berbeda-beda, maka menurut keadaan itu sesungguhnya banyak macam kematian yg dialami. Sebab, manakala ruh menempuh kemajuan yg lebih tinggi, maka di puncak penghabisan martabat yg dicapainya itu – setelah ia berhenti utk beberapa lama – kemudian ia akan meningkat naik lagi. Hal itu berarti, bahwa di satu pihak ada kematian sedangkan di lain pihak timbul kelahiran baru.

Dengan berpedoman kpd beberapa ayat suci Al-Quran, saya bisa mengatakan, bahwa ruh itu langgeng, dalam pengertian ruh itu tidak akan mati, akan tetapi di pihak lain, ruh iru tdk dpt bertahan selamanya (tidak abadi), sebab ia (ruh) itu mutawatir (berkesinambungan) dan akan terus menempuh martabai-martabat serta derajat-derajat rohani yg berbeda-beda. Hal itu berarti keadaannya akan selalu berobah-obah.

Apabila surga dan neraka dijadikan obyek (misal), maka haikat di atas akan semakin jelas. Sebab, gamberan dan kesan yg ditampilkan oleh Al-Quran bhwa surga itu tdk pernah habis dan berakhir.

Banyak yg berpendapat bahwa puncak maqam/kedudukan ornag-orang suci hanya sampai di surga, akan tetapi saya kira pendapat itu tidak abenar, sebab menurut Al-Quran, sebagian manusia akan hidup selamanya di surga.

Atas dasar itu kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ruh manusia dlm menempuh derajat-derajat rohaninya itu akan memperolah maqam dimana ia akan tinggal untuk selama-lamanya.

Majlis Irfan/Tanya Jawab dng Mirza Tahir Ahmad, Imam Ahmadiyah 1982-2003 tgl 24 April 1987 di London, Inggris.
Peringkas: Ny. Surayya Ghazmi Sahibah, London
Penerjemah: Mlv. Munirul Islam Yusuf Sy.
diambil dari Darsus no 04/88 22 Januari 1988

1 Response to "Apakah Ruh itu Kekal?"

benarkah semua itu?..hukum Allah maha awal dan maha akhir!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 19 pengikut lainnya.

November 2009
M S S R K J S
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Top Rated

Tweetku

RSS Berita Detik

  • Irjen Ronny Sompie Diangkat Jadi Kapolda Bali 5 Maret 2015
    Dalam surat telegram yang didapatkan detikcom, Jumat (6/3/2015), Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie menempati posisi baru sebagai Kapolda Bali. Hal itu berdasarkan surat telegram Kapolri bernomor 494/III/2015 yang dikeluarkan pada 5 Maret 2015.
  • DPD: Konflik Ahok dengan DPRD Bisa Jadi Pelajaran untuk Daerah Lain 5 Maret 2015
    Perseteruan antara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan DPRD DKI semakin memanas. Untuk itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Farouk Muhammad meminta proses penyelesaian konflik segera dituntaskan.
  • Allegri Akui Fiorentina Bermain Lebih Baik, Layak Menang 5 Maret 2015
    Juventus dikejutkan Fiorentina setelah menyerah 1-2 dalam laga leg I semifinal Coppa Italia. Pelatih Juve Massimiliano Allegri menilai kemenangan pantas didapatkan tim lawan karena main lebih baik.
  • Ketika Butet Kertaradjasa Punya Nyali Bermonolog Menjadi BG 5 Maret 2015
    Butet Kertaradjasa melalui seni menyindir keras kriminalisasi KPK yang dilakukan Polri usai penetapan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka. Meski sejumlah aktivis pro KPK juga ikut dikriminalisasi usai bersuara keras, budayawan itu tak mengaku khawatir.
  • Canda Ala Cak Lontong Soal Koruptor dan Kriminalisasi KPK 5 Maret 2015
    Cak Lontong berpartisipasi dalam acara #SeniLawanKorupsi. Saat ber-stand up comedy, Cak Lontong berpura-pura menjadi seorang koruptor. Ia mengaku tak khawatir meski beberapa aktivis pegiat antikorupsi telah dikriminalisasi usai memberikan kritik keras dalam kisruh KPK vs Polri.
  • Slruup! Lembutnya Wedang Tahu Berkuah Jahe 5 Maret 2015
    Jika tahu umumnya digoreng atau dibuat bakso, olahan tahu yang lembut halus ini juga banyak disukai orang. Mirip puding tahu, teksturnya lembut dan direndam kuah jahe yang manis hangat.
  • Ducati Targetkan Menangi Satu Balapan di 2015 5 Maret 2015
    Motor Ducati memperlihatkan potensi yang menjanjikan pada ujicoba pramusim kedua di Sepang, Malaysia, beberapa waktu silam. Memenangi balapan di 2015 diyakini jadi target realistis bagi mereka.
  • Tronton Tabrak Truk Fuso di Tol Cililitan, 1 Orang Tewas 5 Maret 2015
    Sebuah truk tronton menabrak truk fuso di ruas Tol Cililitan dini hari ini. Akibat peristiwa itu, satu orang dikabarkan tewas.
  • Ini Cerita Menegangkan Penumpang Delta 1086 yang Tergelincir di New York 5 Maret 2015
    Pesawat Delta 1086 yang membawa 125 penumpang tergelincir di Bandara LaGuardia New York hingga bagian depan pesawat menabrak pagar pembatas. Salah seorang penumpang pun menceritakan detik-detik menegangkan dalam hidupnya itu.
  • Dua Gol Salah Antar Fiorentina Tundukkan Juventus 5 Maret 2015
    Fiorentina meraih kemenangan 2-1 atas Juventus pada leg I semifinal Coppa Italia. Kedua gol La Viola pada laga tersebut diborong oleh pemain pinjaman dari Chelsea, Mohamed Salah.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: