Dildaar80's Weblog

Perpustakaan JFK

Posted on: 15 Oktober 2009


Awan gelap praktis menggantung di atas langit Boston, Amerikat Serikat, sejak pagi hari. Hujan rintik-rintik pun tak kunjung reda. Namun, cuaca yang kurang bersahabat itu tak menghalangi niat Presiden SBY mengunjungi John F Kennedy (JFK) Presidential Library and Museum.

SBY memasuki gedung perpustakaan JFK tepat pada pukul 14.00 waktu setempat, Minggu (27/9/2009) atau senin (28/9/2009) pukul 01.00 dini hari waktu Jakarta. SBY, disertai Ibu Ani Yudhoyono, Seskap Sudi Silalahi, dan Menteri Perdagangan, Mari Pangestu. Memasuki perpustakaan dan museum yang megah dan berada dalam areal yang luas itu, SBY terlihat sangat antusias.

Perpusatakaan dan Museum JFK yang didirikan 20 Oktober 1979 didedikasikan untuk mengenang Presiden AS ke-35 itu. Lokasinya berada di area 10 hektar, menghadap ke laut yang indah dan dikitari taman.

Setelah menonton film pendek yang mengisahkan perjalanan hidup mantan presiden AS yang tewas tertembak itu, SBY pun mendapatkan kado khusus dari pejabat John F Kennedy (JFK) Presidential Library and Museum. Hadiah khusus itu berupa foto-foto dan replika surat menyurat antara Presiden Indonesia Soekarno dengan Presiden John F Kennedy.

“Ini adalah surat menyurat antara Presiden Soekarno dengan Presiden John F Kennedy,” kata SBY.

Surat menyurat Soekarno dengan JFK itu adalah salah satu bukti bahwa sebagai sebuah museum, Perpusatakaan dan Museum JFK sangat lengkap menyimpan berbagai peninggalan JFK semasa hidupnya. Benda-benda bersejarah itu, aslinya pun tersimpan dan terawat dengan bagus.

Sebagai sebuah perpustakaan pun, jumlah bukunya sangat luar biasa. Buku koleksi JFK yang jumlahnya ribuan terawat dengan bagus dan boleh dimanfaatkan oleh publik. Perihal perpustakaan itulah yang nampaknya juga menjadi obsesi tersendiri bagi Presiden SBY.

Apa obsesinya? “Kalau pensiun nanti, saya tidak ingin mengganggu presiden yang menggantikan saya. Saya ingin mendirikan dan mengurus perpustakaan,” kata SBY. Keinginan SBY ini diungkapkan di atas pesawat kepresiden Garuda Airbus A 330-300, dalam perjalanan menuju Pittsburgh, Amerika Serikat pada 23 September 2009 lalu.

Koleksi buku pribadi SBY saat ini jumlahnya memang sudah ribuan. Bahkan banyak buku langka yang sudah dikoleksinya. Hobi membaca memang selalu membawa SBY melangkah ke toko buku. Sebelum mengunjungi Perpustakaan dan Museum JFK misalkan, SBY menyempatkan berbelanja buku di Toko buku The Coop Harvard-MIT.

Mengunjungi Perpustakaan dan Museum JFK, nampaknya bakal memberi inspirasi tersendiri untuk menghadirkan obsesi SBY akan lahirnya sebuah perpustakaan yang berguna bagi banyak orang. Tapi, apakah mesti menunggu pensiun?
http://id.news.yahoo.com/dtik/20090928/twl-obsesi-sby-soekarno-dan-john-f-kenne-3d89a92.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya

Oktober 2009
M S S R K J S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Rating

Tweetku

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: