Dildaar80's Weblog

Kanselir Jerman Geram dengan Perpustakaan Digital Google

Posted on: 15 Oktober 2009


Tempo – Minggu, Oktober 11

TEMPO Interaktif , Frankfurt – Kanselir Jerman Angela Merkel pada hari Sabtu mengkritik upaya Google untuk membangun perpustakaan digital yang besar. Merkel mengatakan, Internet tidak boleh dikecualikan dari undang-undang hak cipta.

Dalam video mingguan Merkel, sebelum hari Selasa, saat pembukaan Frankfurt Book Fair, Merkel menyerukan kerjasama internasional untuk perlindungan hak cipta dan mengatakan dia menentang pemerintah mendorong Google untuk memindai semua buku-buku perpustakaan.

“Pemerintah Jerman memiliki posisi yang jelas: hak cipta harus dilindungi di Internet,” Merkel menegaskan. Dia menambahkan “bahaya besar” bagi perlindungan hak cipta di Internet. “Itu sebabnya kami menolak scanning buku tanpa perlindungan hak cipta – seperti yang dilakukan Google. Pemerintah mempunyai posisi melindungi hak cipta para penulis di Jerman.”

Padahal Google telah memindai sepuluh juta buku dalam bentuk digital.

Merkel, yang akan membuka pameran buku terbesar di dunia itu mengatakan bahwa masalah ini dibutuhkan diskusi yang mendalam dan lebih rinci di lembaga-lembaga internasional. Namun, dia tidak menawarkan solusi yang kongkret.

Google berencana membuat perpustakaan digital yang besar dan telah dipuji karena membawa akses yang luas terhadap buku-buku, tetapi juga telah dikritik antitrust dan hak cipta.

Di New York, seorang hakim pada hari Rabu lalu mengatakan bahwa perubahan penyelesaian yang memungkinkan Google untuk memasukkan jutaan buku online harus dihadirkan di pengadilan pada 9 November mendatang.

Bulan lalu, rumah penerbitan Prancis La Martiniere, Asosiasi Penerbit dan Penulis Prancis (SGDL) meminta pengadilan Paris menghukum denda Google 15 juta euro atau Rp 208 miliar lebih untuk setiap hari karena telah melanggar hak cipta setelah buku mereka bisa dbaca secara digital.

REUITERS| NUR HARYANTO

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya

Oktober 2009
M S S R K J S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Rating

Tweetku

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: