Dildaar80's Weblog

TUJUH KARUNIA ALLOH BAGI SYAHID

Posted on: 12 Oktober 2009


Oleh : Abdul Rozzaq

Syahid adalah satu gelar yang dikarunikan Alloh swt kepada pengikut Islam berkat menta’ati Alloh dan Rosul-Nya (4:70), Muhammad al-Mushthofa saw yang karena mempertahankan keimanannya dan atau membela agamanya hingga titik darah yang penghabisan (Jadi yang tepat dan paling berhak memberi gelar syahid adalah Allah dan rosul-Nya atau para khalifah rosul-Nya). Di sisi Alloh swt, syahid itu mempunyai kedudukan yang sangat istimewa. Hal ini dapat dilihat dari Hadits Rosululloh swt berikut:

لِلشَّهِيْدِ عِنْدَ اللهِ سَبْعُ خِصَالٍ: يُغْفَرُ لَهُ فِى أَوَّلِ دُفْعَةٍ مِنْ دَمِّهِ، وَيَرَى مَقْعَدَهُ فِى الْجَنَّةِ، وَيُحَلَّى حُلَّةَ اْلإِيْمَانِ، وَيُزَوَّجُ اثْنَتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ زَوْجَةً مِنَ الْحُوْرِ الْعِيْنِ، وَيُجَارُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَيُؤَمَّنُ مِنَ الْفَزْعِ اْلأَكْبَرِ، وَيُوْضَعُ عَلَى رَأْسِهِ تَاجُ الْوِقَارِ، اَلْيَاقُوْتُ مِنْهُ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا، وَيَشْفَعُ فِى سَبْعِيْنَ اِنْسَانًا مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ
Orang yang mati syahid mempunyai 7 karunia di sisi Alloh, yaitu: Ia diampuni pada waktu tetesan darah yang pertama, ia dapat melihat kedudukannya di Sorga, ia dihiasi dengan pakaian keimanan, ia dijodohkan dengan 72 istri dari bidadari yang cantik jelita, ia dilindungi dari adzab kubur dan diamankan dari rasa takut yang paling besar dan dipakaikan pada kepalanya mahkota kehormatan, satu mutiara darinya lebih baik daripada dunia dan dari apa yang ada di dalamnya serta ia dapat memberikan syafaat kepada 70 manusia dari ahli baitnya (Ahmad bin Hanbal dalam Musnadnya, At-Turmudzi, Ibnu Majah dari Al-Miqdam bin Ma’ad Yakrib RA dan Kanzul-Ummal, Juz IV/ 11132)

Komentar:
Dari Hadits tersebut dapat diambil pelajaran sebagai berikut:
1. Meskipun kedudukan dan derajat Syahid di sisi Alloh itu demikian tinggi dan terhormat, tetapi tidak berarti melebihi kedudujkan dan derajat Shiddiq dan Nabi.
2. Ketika Islam sudah datang, maka gelar Syahid itu hanya dikaruniakan kepada orang yang taat kepada Alloh dan Muhammad Rosulullah saw sebagai umat Islam, bukan umat agama yang lain.
3. Orang yang mati Syahid pasti masuk Sorga, karena semua dosanya diampuni Alloh swt.
4. Keluarga Syahid tidak boleh bersedih, karena pada hakikatnya orang yang dibunuh di jalan Alloh swt itu tidak mati, tapi hidup bahkan ia dikaruniai dapat memberikan syafaat kepada 70 anggota keluarganya.

NB: Syahid yang dimaksud disini bukan pelaku bom bunuh diri apa pun alasannya termasuk alasan agama. Islam melarang pemberontakan terhadap pemerintah siapa pun mereka termasuk penjajah, bunuh diri dan juga melarang membunuh org lain tanpa hak (orang yang tdk bersalah). Bunuh-membunuh hanyalah pada peperangan secara resmi.

Iklan

1 Response to "TUJUH KARUNIA ALLOH BAGI SYAHID"

yg bener saja…apa mujahid di iraq yg ngelawan penjajah amerika tuh nggak berhak dapat syahid? perang resmi tuh apa? apa kl perang kudu kayak jaman dulu, sebelah sana pasukan sebelah sini pasukan trus ketemu?yg perangnya cuma boleh siang?
hari gini kaga ada ceritanya perang kaya gitu….setiap saat bisa jadi perang. kl sekarang mah………
saat ini Islam sedang diperangi, umatnya aja yg kagak ngerasa………jangan asal benci sama pemboman terus mbuat kesimpulannya ngawur gitu. kl ada pejuang Islam yg digantung ma penguasa yg ndak mau sama sekali nggubris hukum Islam, apa juga bukan syahid? padahal syahid yg paling utama adalah yg mati dibunuh oleh penguasa yang pendosa (dosa paling besar adalah mengabaikan syariat Allah) karena mengucapkan kebenaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya

Oktober 2009
M S S R K J S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Rating

Tweetku

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: