Dildaar80's Weblog

SBY Ajukan Sembilan Kunci Atasi Konflik Internasional

Posted on: 2 Oktober 2009


Date: Wednesday, September 30, 2009, 10:13 PM

http://www.republik a.co.id/berita/ 78829/SBY_ Ajukan_Sembilan_ Kunci_Atasi_ Konflik_Internas ional

BOSTON–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajukan sembilan usulan untuk membuat tatanan dunia baru. Terutama menyelesaikan konflik yang dicitrakan sebagai konflik antarperadaban dan konflik antaragama.

”Saya percaya kita bisa menyelesaikan konflik-konflik ini. Ini bukan utopia. Saya melihatnya bisa dilakukan di Indonesia dan di sejumlah negara. Tantangannya, apakah ini bisa diterapkan secara internasional, ” kata SBY di depan ratusan civitas akademika universitas tertua di AS, Harvard University, Rabu (30/9).

Usulan pertama adalah menggunakan soft power. Menurut SBY, abad 21 adalah abad soft power. Dunia sudah merasakan hard power pada abad 20. Abad terakhir menciptakan perang dunia I dan II serta perang dingin.

”Soft power sangat efektif atasi konflik,” katanya sembari mengacu pada contoh Indonesia menuntaskan konflik dengan separatis GAM Aceh dengan perundingan.

Kedua adalah menintensifkan proses dialog. SBY menyindir, sudah terlalu banyak dialog perdamaian dilakukan. Ia meminta kualitas dialog diperbaiki.

”Jangan sekedar ada insiatif, tapi harus menghasilkan perubahan,” katanya. Ia kembali mencontohkan kasus Poso dan Maluku yang bisa diselesaikan dengan cara dialog dan penerapannya.

Selanjutnya adalah mengatasi masalah politik negara-negara barat dengan negara-negara muslim. Menurutnya, harus bisa dibedakan antara konflik antarmuslim dan konflik yang menyeret agama versus negara – negara barat. Ia tekankan, dalam kasus Palestina, umat Islam dan pihak Palestina harus bersatu dan jangan mau dipecah belah.

Keempat adalah bangkitnya kaum moderat di masyarakat. Lalu ia menyebut faktor kelima, yaitu multikulturalisme dan toleransi. Ia menegaskan, dua hal ini harus jadi norma internasional. Menurutnya, Presiden AS Barack Obama adalah contoh hidup multikulturalisme dan toleransi.

Keenam, adalah membuat globalisasi bekerja bagi semua pihak. Globalisasi bagi SBY adalah solusi win-win bagi tiap negara. Tidak hanya memenangkan negara tertentu atas negara lain.

Ketujuh, SBY ingin ada reformasi pemerintahan global. Secara khusus SBY menunjuk Dewan Keamanan PBB harus direformasi. Menurutnya, DK PBB masih merefleksikan kepentingan segelintir negara ketimbang seluruh anggotanya. ”Ia harus direstruktursasi, karena sudah tidak sesuai dengan zamannya,”.

Kedelapan, SBY menggarisbawahi pentingnya pendidikan. Pendidikan menjadi pintu masuk mengubah paradigma masyarakat. ”Pendidikan yang moderat, bertoleransi, perdamaian harus menjadi DNA generasi muda dunia,” katanya.

TErakhir, SBY mengingatkan kembali pentingnya kesadaran global. Hal ini sudah terlihat pada bencana tsunami di Aceh, isu nuklir, dan perubahan iklim. Masalahnya, ia akui, belum ada kesadaran yang tinggi pada dua isu terakhir.

Sebelum memaparkan kesembilan poinnya, SBY bergurau, bahwa angka sembilan adalah angka keberuntungannya. evy/taq

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya

Oktober 2009
M S S R K J S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Rating

Tweetku

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: