Dildaar80's Weblog

Posted on: 1 Oktober 2009


HIKMAH INFAQ DAN SEDEKAH
Oleh : Drs. Abdul Rozzaq

Kewajiban memberi infaq dan sedekah dikenakan bagi orang kaya maupun miskin sebagai amal shalehnya sesuai kemampuan dan kemauannya masing-masing (kemampuan dan kemauan taqwa). Di bawah ini saya kutipkan tulisan Drs. Abdur Rozzaq mengenai manfaat sedekah.

Karena setiap muslim itu wajib berbuat baik sebagai bukti penyerahan dirinya kepada Allah SWT sebagai Tuhannya.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran sebagai berikut:

بَلَى مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ عِنْدَ رَبِّهِ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Ya, orang yang masuk Sorga itu adalah orang yang berserah diri kepada Allah dan ia berbuat baik, maka baginya pahala disisi Tuhannya dan tiada rasa takut bagi mereka dan tiada pula rasa susah menimpa mereka(Al-Baqarah, 2:113)

Adapun manfaat infaq dan sedekah bagi orang yang melakukannya itu sangat mulia disisi Tuhannya, bahkan besar pahalanya. Guna lebih jelasnya marilah kita simak Hadits-hadits Rasulullah SAW berikut ini:

اَلصَّدَقَةُ تَمْنَعُ سَبْعِينَ نَوْعًا مِنْ أَنْوَاعِ الْبَلاَءِ أَهْوَنُهَا اْلجَذَامُ وَالْبَرَصُ

Sedekah itu mencegah 70 macam bencana, yang paling ringan adalah tangan buntung dan kulit belang (Al-Khathib dalam Al-Tarih dari Anas radhiyallahu ‘anhu dan Kanzul-Ummal, Juz VI/15982)

صَدَقَةٌ فِى السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ

Sedekah yang dirahasiakan itu memadamkan kemarahan Tuhan (Al-Thabrani dalam Al-Shaghir dari Abdullah bin Ja’far, Al-Askari dalam Al-Sarair dari Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu dan Kanzul-Ummal, Juz VI/16244, 16026,16284 dan16285)

صَدَقَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ تَزِيدُ فِى الْعُمْرِ وَتَمْنَعُ هَيْئَةَ السُّوءِ وَيُذْهِبُ بِهَا اللهُ الْفَخْرَ وَالْكِبْرَ

Sedekah seorang muslim itu menambah umur dan mencegah keburukan serta Allah menghilangkan kesombongan dan besar hati dengan sedekah itu (Abu Bakar bin Muqsam dalam Juz’inya dari Amer bin Auf radhiyallahu ‘anhu dan Kanzul-Ummal, Juz VI/16062)

Berdasarkan tiga Hadits tersebut, manfaat sedekah bagi pelakunya itu dapat mencegah 70 macam bencana, yang paling ringan di antaranya ialah bencana berupa tangan buntung dan sakit kulit belang disamping dapat memadamkan kemarahan Tuhan, menambah umur, mencegah keburukan dan menghilangkan rasa sombong, karena itulah orang suka bersedekah akan memperoleh tempat terakhir yang menyenangkan sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran berikut ini:

وَالَّذِينَ صَبَرُوا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُولَئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ

Dan orang-orang yang sabar karena ingin memperoleh perkenan Tuhan mereka, dan yang menegakkan shalat dan membelanjakan sebagian dari apa yang Kami berikan kepada mereka, secara rahasia dan secara terbuka dan menolak kejahatan dengan kebaikan; mereka akan memperoleh tempat tinggal terakhir yang menyenangkan (Al-Ra’d, 13:23)

Oleh karena itu bagi muslim yang belum melaksanakan infaq atau sedekah yang dikelola suatu jamaah Islam seyogyanya mereka mencari jamaah Islam mengelola infak dan sedekah tersebut secara professional yang dapat dipertanggung jawabkan kebenaran dan kejujurannya sesuai dengan perkembangan zaman. Perintah berinfaq dan bersedekah bagi setiap muslim, baik kaya maupun miskin tersebut adalah ayat Al-Quran sebagai berikut:

لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا ءَاتَاهُ اللَّهُ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا ءَاتَاهَا سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Hendaklah orang yang mempunyai kelapangan rejeki menafkahkan sebagian dari kelapangannya. Dan hendaklah orang yang disempitkan atasnya rejekinya menafkahkan sebagian dari apa yang Allah berikan kepadanya. Allah tidak membebani suatu jiwa melainkan apa yang telah Dia berikan kepadanya. Allah akan segera menjadikan sesudah kesempitan kelapangan (Ath-Thalaq, 65:8)

Menurut ayat tersebut, Allah SWT berjanji akan memberikan kelapangan rejeki bagi siapa saja yang dengan hati tulus membayar infaq dan memberikan sedekah. Dengan demikian, beruntunglah mereka yang biasa memberikan infaq dan sedekah. Karena mereka akan mendapatkan tempat kembali yang baik dan menyenangkan, baik di dunia maupun di alam akhirat nanti. Sekiranya setiap muslim terbiasa memberikan infaq dan sedekah, pastilah tidak akan ada korupsi yang dilakukan oleh pejabat yang mengaku beragama Islam di Negara Indonesia tercinta ini. Dan seandainya tidak ada korupsi di Negara kita, insya Allah kemakmuran dapat dirasakan oleh setiap warga Negara tercinta ini. Semoga Allah SWT memberikan taufiq kepada para pejabat dan rakyat Indonesia tercinta ini. Aamiin!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya

Oktober 2009
M S S R K J S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Rating

Tweetku

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: