Dildaar80's Weblog

Hikmah Syahadat sebagai Rukun Islam pertama

Posted on: 8 September 2009


Ingatlah selalu bahwa bila seseorang menyatakan kalau ia beriman pada Tuhan yang Maha Esa, yang tanpa sekutu, serta beriman kepada Rasulullah Muhammad saw. serta meyakini segala hal lain berkaitan dengan agama, tetapi realitasnya pernyataan itu hanya merupakan ucapan di bibir semata dan hatinya tidak mengakuinya, maka pernyataan demikian tidak akan membawa keselamatan baginya.

Keselamatan tidak akan diperoleh sampai suatu saat hati telah mengimani dan hal demikian menjadi nyata jika perilaku dan amal perbuatan yang bersangkutan membuktikannya. Sampai keadaan demikian tercapai, tidak ada sesuatu yang telah dicapai. Sesungguhnya aku nyatakan dengan sebenarnya bahwa tujuan hakiki baru akan bisa tercapai jika seseorang yang berpaling kepada Tuhan telah meninggalkan segala yang akan menjadi gangguan, ketika agama sudah diberikan prioritas utama di atas segala aktualitas duniawi.

Ingatlah! Seseorang bisa saja menipu mahluk lainnya. Orang bisa terkecoh pandangannya melihat seseorang melakukan shalat lima kali sehari atau melakukan beberapa amal baik lainnya, namun Tuhan tidak bisa ditipu. Karena itu amal saleh harus dilakukan dengan ketulusan yang murni karena hal inilah yang menambah keindahan dari amal tersebut.

Patut selalu diingat mengenai makna dari Kalimah Shahadat yang kita ucapkan setiap hari. Dengan Kalimah itu seseorang mengikrarkan secara lisan dan bersaksi dengan hatinya bahwa baginya Sang Maha Esa yang patut disembah dan dikasihi adalah Wujud Tunggal yang menjadi tujuan hakiki.

Dialah Allah swt dan tak ada sesuatu apa pun selain Dia. Arti kata Ilaha dalam Kalimah tersebut mengandung makna ‘yang terkasih’, ‘wujud yang menjadi tujuan hakiki’ dan ‘wujud yang disembah dan dihormati.’

Pernyataan itu merupakan inti keseluruhan ajaran Al-Quran dalam bentuk paling padat yang diajarkan kepada umat Muslim. Karena tidak mudah menghafal kitab yang demikian tebal dan rinci, Kalimah ini diajarkan agar setiap orang tetap bisa memelihara esensi ajaran Islam secara konstan dalam fikirannya. Sesungguhnya sebelum semua realitas itu berakar dalam kalbu manusia, maka tidak ada keselamatan baginya. Karena itulah Hazrat Rasulullah saw. menyatakan: ‘Barangsiapa yang mengikrarkan bahwa tidak ada tuhan/yang disembah/diibadahi selain Allah, ia akan masuk surga.’ Dengan kata lain, seseorang yang sepenuhnya mengimani ‘la ilaha illallah’ maka ia akan masuk ke dalam surga.

Sebenarnya manusia menipu dirinya sendiri jika mengira bahwa mengulang-ulang suatu kata seperti burung beo, akan memberi mereka kemudahan masuk surga. Jika realitas memang demikian adanya maka semua amal akan menjadi mubazir dan sia-sia dan Shariah bisa dianggap, naudzubillah, tidak relevan.

Nyatanya tidak demikian adanya. Yang patut diperhatikan ialah makna yang terkandung di dalamnya haruslah meresap ke dalam hati saat pengamalannya. Jika hal ini bisa tercapai maka benar bahwa yang bersangkutan telah masuk surga, bukan setelah kematian, tetapi sekarang juga dalam kehidupan kini yang bersangkutan telah memasuki surga. (Malfuzat, vol. 9, h.102 – 104)

Yang dikemukakan di atas ini adalah kompilasi ekstraksi yang diambil dari Malfuzat. Malfuzat adalah judul dari sepuluh jilid buku yang berisi kumpulan diskursus, khutbah dan nasihat Hazrat Mirza Ghulam Ahmad as. dari Qadian, Masih Maud dan Imam Mahdi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya

September 2009
M S S R K J S
« Agu   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Rating

Tweetku

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: