Dildaar80's Weblog

MUI Imbau Pembangunan Masjid Tak Minta Sumbangan di Jalan

Posted on: 25 Agustus 2009


Saat ini Islam dan umat Islam sedemikian terpuruknya sehingga mau menghinakan diri dan agamanya dengan menjadi pengemis yang meminta-minta di jalan. Bukankah tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah? Bukankah lebih terhormat bila tak mampu membangun masjid yang besar, bangun saja musholla sederhana dengan ‘berdikari’ di dekat rumahnya. Lebih baik terhormat walau sederhana daripada menghina diri sendiri walau megah. Bagaimanakah bangsa ini dpt mandiri bila mayoritas Muslimnya sebagian masih bermental pengemis? Bukankah Bung Karno mengumandangkan ‘Berdikari? Berdiri di atas kaki sndiri…ah sayangnya…

Minggu, 23/08/2009 14:00 WIB
MUI Imbau Pembangunan Masjid Tak Minta Sumbangan di Jalan
Novia Chandra Dewi – detikNews
Jakarta – Peminta sumbangan masjid atau pembangunan pondok pesantren dengan membawa kotak amal kerap kali ditemui di jalan-jalan. Lalu, apabila kita berikan sumbangan kepada mereka bisakah dibenarkan?

Menurut Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Ibrahim, MUI tidak menyetujui permohonan sumbangan dengan dalih untuk pembangunan masjid maupun pondok pesantren yang marak dilakukan di angkutan umum ataupun di jalan-jalan.

“Sumbangan mesjid atau pondok pesantren di jalan nggak pernah kita setujui. Itu sudah lama, sejak beberapa tahun lalu,” kata Anwar saat dihubungi detikcom, Minggu (23/8/2009).

Hal serupa, kata Anwar, juga tidak disetujui oleh MUI dimanapun. Hal ini dikarenakan ajaran Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk meminta-minta.

“Rasulullah mengatakan lebih baik tangan di atas dari pada tangan di bawah,” ungkapnya.

Indonesia, kata Anwar, seharusnya mencontoh negara-negara muslim lainnya dengan membangun fasilitas keagamaan melalui Departemen Wakaf. Dicontohkan dia, Mesir bahkan membangun pusat dakwah Universitas Al Azhar melalui wakaf.

“Kalau ada yang meminta sumbangan seperti itu, ya itu salah kita sendiri, padahal kita punya kemampuan untuk bisa membangun itu,” paparnya.

Lebih lanjut, Anwar menambahkan, alasan untuk kepentingan agama seharusnya tidak diperbolehkan.

“Itu tidak seharusnya didiamkan dan jangan dibiarkan begitu,” pungkasnya.

(nov/iy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

Agustus 2009
M S S R K J S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Rated

Tweetku

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: