Dildaar80's Weblog

Komisi Kerukunan MUI Kecam Pembakaran Masjid Ahmadiyah

Posted on: 3 Juni 2009


Jakarta – Ketua Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama MUI, Slamet Effendi Yusuf, menilai tindakan pembakaran Masjid Ahmadiyah di Jl Ciputat Raya, Jakarta Selatan, mencerminkan hilangnya akal sehat dalam beragama. Aparat kepolisian harus mengusut kasus ini dan menghukum pelakunya sesuai dengan UU yang berlaku.

“Tindakan pembakaran seperti itu adalah tindakan yang sangat berlebihan. Itu mencerminkan akal sehat dikalahkan oleh amarah. Saya kira polisi harus bertindak tegas agar hal serupa tidak terulang lagi,” kata Slamet kepada detikcom, Selasa (2/6/2009).

Menurut Slamet, kasus pembakaran Masjid Ahmadiyah harus diletakkan pada tindakan kriminal yang merusak hak dan properti orang lain. Hal ini tidak ada hubungannya dengan persoalan agama, karena Islam selalu mengajarkan kasih sayang dan konsep rahmatan lil alamin.

“Kasus ini harus diletakkan tidak dalam persoalan agama. Polisi harus melihat kasus ini bukan soal keagamaan, tetapi soal perusakan dan perampasan properti orang lain,” paparnya.

Slamet berharap para pemimpin agama senantiasa menjunjung tinggi nilai toleransi yang tinggi dan mengedepankan kearifan. Kekerasan hanyalah akan menjadikan wajah Islam semakin tidak simpatik.

“Seharusnya para pemimpin agama, khususnya umat Islam, mendahulukan kebijaksanaan dan kearifan dalam menyelesaikan masalah yang ada, bukan dengan kekerasan dan vandalisme,” imbaunya.

“Ini terus terang saja sangat menyinggung perasaan umat Islam yang mengedepankan Islam sebagai rahmatan lil alamin. Sebenarnya kalau ada ketidakpuasaan, silakan ke pihak berwajib, bukan dengan tindakan anarkis semacam ini karena ini hanya akan mencoreng wajah umat Islam,” pungkasnya.

(yid/nrl)

Muhammad Nur Hayid – detikNews
http://www.detiknews.com/read/2009/06/02/125031/1141315/10/komisi-kerukunan-mui-kecam-pembakaran-masjid-ahmadiyah

Setara Kutuk Pembakaran Masjid

// Headlines | Tue, Jun 2, 2009 at 13:33 | Jakarta, matanews.com

http://matanews. com/2009/ 06/02/setara- kutuk-pembakaran -masjid/

Pembakaran Masjid Ahmadiyah di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa pagi (02/06) dikutuk Setara Institute, lantaran dinilai sebagai tindakan kriminal yang terjadi berulang di beberapa tempat.

Menurut Ketua BP Setara Institute Hendardi, kelompok-kelompok yang selama ini aktif melakukan penyerangan, pengrusakan, dan kekerasan terhadap Jemaat Ahmadiyah dan terhadap kelompok agama/keyakinan yang berbeda, tidak pernah diadili dan dihukum secara adil. Akibatnya, mereka tetap bebas melakukan tindakannya tanpa penanganan berarti dari aparat negara. “Kami mengutuk pembakaran tempat ibadah itu,” ujar Hendardi di Jakarta, menanggapi aksi pembakaran masjid Ahmadiyah.

Dia menyebutkan, atas dasar apapun, dalam konteks negara hukum, tidak ada alasan pembenar sebuah tindakan pembakaran bisa dilakukan.

Menurut Hendardi, tindakan semacam ini terus terjadi dan berulang akibat negara tidak pernah bersikap tegas dan tuntas mengusut setiap tindakan kekerasan atas nama agama.

Dua laporan yang diterbitkan Setara Institute tentang Kondisi Kebebasan Beragama/Berkeyakin an (2007 & 2008) mencatat bahwa negara dibuat tidak berdaya di hadapan aksi-aksi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok agama puritan yang tidak toleran. Akibatnya aksi-aksi inipun terus menular dan semakin ekspansif. “Kami mendesak polisi mengusut tuntas kasus ini untuk menghentikan aksi-aksi serupa di tempat lain” lanjut Hendardi.

Menurutnya, para kandidat Pilpres seharusnya menjadikan isu kebebasan beragama/ berkeyakinan sebagai salah satu agenda pembangunan yang direncanakan dalam visi, misi, dan program kerja yang akan dijalankan. Karena tanpa jaminan kebebasan dan komitmen mengimplementasikan jaminan itu, kebebasan sipil warga negara akan terus terancam.//

Selasa pagi, Masjid Al Hidayah di Jalan Ciputat Raya, Kebayoran Lama dibakar orang tidak dikenal. Masjud tersebut berada di dekat jalan raya, dan hanya berjarak 100 meter dari Polsek Kebayoran Lama.

Saksi mata menyebutkan, api berkobar di lantai 2, tepatnya dekat kubah warna putih. Api menghanguskan langit-langit di lantai 2. Namun lantaran bangunan masjid tidak terbuat dari kayu, koraban api bisa dipadamkan dengan gotong royong. (*BO)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya

Juni 2009
M S S R K J S
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Top Rating

Tweetku

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: