Dildaar80's Weblog

SKB Ahmadiyah Salahi Konstitusi

Posted on: 22 April 2009


04/05/2008 – 17:38

Windi Widia Ningsih

Massa menuntut pembubaran Ahmadiyah beberapa waktu lalu.
(Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta – Pro kontra terhadap usul SKB yang melarang Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) terus bergulir. Jika tetap dipaksakan, SKB tersebut menyalahi UUD 1945.

“Sudah menjadi kewajiban negara adalah melindungi setiap warganya dalam menganut agama dan kepercayaan. Jadi bukan menentukan agama mana yang harus dimiliki oleh warganya,” ujar Koordinator Kontras Usman Hamid di Jakarta, Minggu (4/5).

Menurut Usman, pembubaran JAI melalui SKBhanya akan memicu kekerasan terhadap warga Ahmadiyah di berbagai daerah. Selain itu, hal ini bisa digunakan untuk kepentingan politik dari kelompok-kelompok tertentu. “Lebih baik tiga menteri itu melakukan dialog terhadap dengan warga Ahmadiyah,” cetusnya.

Pengacara kondang Todung Mulya Lubis menambahkan bila Ahmadiyah dibubarkan maka pemerintah telah melanggar hak asasi fundamental. Padahal HAM jelas dijamin oleh konstitusi.

Ketua Badan Pengurus Setara Institut, Hendardi, menilai negara tidak berhak melarang suatu keyakinan warga negara. Pelarangan itu harus dikeluarkan oleh institusi pengadilan. “Bukan malah seenaknya melarang ini itu dan tunduk pada penghakiman massa,” cetus Hendardi.

Dirinya berpendapat bila SKB dikeluarkan maka surat tersebut cacat hukum. Sebab hanya mendengarkan keterangan dari kelompok tertentu. “DPR seakan tidak peduli hal ini,” tandasnya.[L4]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya

April 2009
M S S R K J S
« Mar   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Top Rating

Tweetku

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: