Dildaar80's Weblog

Perda Bermasalah secara Hukum

Posted on: 13 April 2009


05 Apr 2009, 13 x , Komentar)

MAKASSAR — Komisi Nasional (Komnas) Antikekerasan Terhadap Perempuan menilai pelaksanaan otonomi daerah belum berjalan baik. Salah satu indikatornya, masih banyak peraturan daerah (perda) yang dinilai mendiskriminasi hak-hak perempuan.

Komisioner Komnas Antikekerasan Terhadap Perempuan, Syamsiah Achmad dan Andy Yentriyani menemukan 154 perda yang mendiskriminasi hak perempuan. Temuan itu berdasarkan hasil pemantauannya di 16 kabupaten/kota pada tujuh provinsi.

“Perda yang kita anggap sudah kondusif di wilayah yang dipantau hanya sekira 40 buah,” ujar Syamsiah Achmad dalam dialog publik dengan tema “Tugas Konstitusional Kepemimpinan Baru Pascapemilu: Bebaskan Indonesia dari Diskriminasi” di Hotel Santika, Sabtu, 4 April.

Andy Yentriyani merinci, dari 154 perda yang kurang pro perempuan, 64 perda di antaranya secara langsung diskriminatif terhadap perempuan melalui pembatasan hak kemerdekaan berekspresi.

Kebijakan itu banyak mengatur cara berpakaian, dan pengurangan hak atas perlindungan dan kepastian hukum, karena mengkriminalisasi perempuan, serta perda yang mengatur pemberantasan prostitusi.

Selain itu, 82 perda mengatur tentang agama. Padahal, merupakan kewenangan pusat. Hal itu berdampak pada pembatasan kebebasan tiap warga negara untuk beribadah sesuai keyakinan masing-masing.

“Sembilan perda lainnya merupakan pembatasan atas kebebasan memeluk agama bagi kelompok Ahmadiyah,” katanya.

Menurutnya, provinsi paling banyak mengeluarkan perda diskriminatif terhadap perempuan adalah Jawa Barat, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur.

“Untuk menghapus segala bentuk diskriminasi atas dasar apapun, Komnas Perempuan telah mengajukan rekomendasi kepada 20 instansi terkait,” katanya.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kantor Kanwil Hukum dan HAM Sulsel, Sidojono mengatakan, 2.000 perda yang dinilai bermasalah dari seluruh kabupaten kota telah dibatalkan. (him)

http://cetak. fajar.co. id/news.php? newsid=8

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya

April 2009
M S S R K J S
« Mar   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Top Rating

Tweetku

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: