Dildaar80's Weblog

Stop Politisasi Ahmadiyah!

Posted on: 9 April 2009


Menjelang hari H pemilihan umum legislatif, muncul aksi unjuk rasa pembubaran Ahmadiyah. Unjuk rasa dengan mengatasnamakan Forum Umat Islam itu memunculkan kembali isu lama yang sebenarnya sudah direspons oleh pemerintah dengan penerbitan Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri Nomor 3 Tahun 2008, Nomor KEP-033/A/JA/ 6/2008, dan Nomor 199 Tahun 2008. Dalam SKB yang terdiri atas enam poin itu sangat jelas posisi Ahmadiyah.
Di dalam SKB tersebut jelas terbaca bahwa Ahmadiyah sebagai organisasi punya hak yang sama dengan organisasi lainnya untuk hidup di Indonesia. Namun, Ahmadiyah sebagai sebuah ajaran yang mengakui adanya nabi setelah Nabi Muhammad merupakan penyimpangan yang menyesatkan dan karenanya harus ditindak. Keputusan ini merupakan langkah moderat yang diambil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam merespons keberadaan Ahmadiyah di tengah keragaman. Karena itu, bila ada tuntutan untuk membubarkan Ahmadiyah sementara ia tidak lagi menyebarkan dan meyakini ajaran sesatnya, hal tersebut merupakan bentuk diskriminasi yang dapat mengancam siapa saja.
Dengan SKB yang sangat jelas tersebut, menjadi tanda tanya besar ketika masalah Ahmadiyah dimunculkan kembali menjelang pemilu ini. Bahkan dengan ancaman pemboikotan terhadap pemilu. Kita patut curiga ada dalang di balik aksi tersebut yang ingin mengacaukan pemilu dengan isu yang sama sekali tak terkait dengan pemilu.
Kalau memang betul mewakili umat Islam, seharusnya berkaca pada sikap Rasulullah dalam menghadapi perbedaan, bahkan terhadap Yahudi sekalipun. Tak pernah sekali pun Rasulullah memerintahkan umatnya untuk membubarkan kepercayaan atau agama tertentu. Rasulullah justru mendekatinya dengan sikap santun dan bijak sehingga menggugah orang-orang sesat tersebut menjadi orang yang benar. Inilah yang seharusnya kita kembangkan di tengah beragam keyakinan menyimpang tumbuh di kalangan masyarakat.
Karena itu, selama kita percaya kepada demokrasi dan merasa sebagai umat beragama, mari kita kawal bersama proses pemilu ini dengan baik sebagai bentuk aktualisasi dari keimanan kita. Mari kita ciptakan negara ini penuh kedamaian dan bebas dari ancaman dan tindakan diskriminatif yang dilarang oleh aturan negara dan agama.

Isy Kariman
Kompleks DDN, Pondok Labu, Jakarta Selatan

karimanisy@yahoo. com

http://korantempo. com/korantempo/ koran/2009/ 04/06/Opini/ krn.20090406. 161605.id. html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya

April 2009
M S S R K J S
« Mar   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Top Rating

RSS Berita Detik

%d blogger menyukai ini: