Dildaar80's Weblog

Makna Shaum/Puasa dalam Rukun Islam

Posted on: 8 September 2009


Rukun Islam ketiga adalah Puasa. Pada umumnya manusia tidak menyadari fitrat hakiki daripada laku puasa, samanya seperti orang yang belum pernah bepergian ke suatu negeri maka ia tidak akan bisa menceritakan kondisinya. Yang dimaksud dengan laku puasa bukan hanya asal lapar dan haus saja. Puasa memiliki realitas dan efek yang hanya bisa diketahui melalui pengalaman.

Sudah menjadi fitrat manusia bahwa tambah sedikit yang dimakannya maka tambah tinggi derajat pensucian ruhani yang bisa dicapainya serta bertambah kapasitasnya untuk mendapatkan kashaf. Apa yang dikehendaki Tuhan dalam hal ini adalah mengurangi asupan jenis makanan yang satu dan meningkatkan asupan jenis ‘makanan’ lainnya. Seseorang yang berpuasa harus selalu mencermati hal ini bahwa tujuan daripada berpuasa bukanlah semata-mata melaparkan diri tetapi perlu baginya membagi waktu untuk zikir Ilahi agar ia bisa meninggalkan kehidupan duniawi dan berpaling kepada Tuhan. Dengan demikian makna laku puasa adalah dengan mengkaliskan satu jenis makanan yang menghidupi tubuhnya ia akan memperoleh jenis ‘makanan’ lain yang menghidupi dan memuaskan ruhaninya.

Orang yang berpuasa demi Tuhan-nya dan bukan karena tradisi atau adat kebiasaan, ia sepatutnya menyibukkan diri dengan tasbih dan takbir Ilahi disamping merenungi dirinya sendiri agar jenis ‘makanan’ yang lain itu dikaruniakan pula kepadanya.

penerjemah alm Abdul Qoyyum Khalid dari malfuzhat/sabda-sabda Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad, Pendiri Jama’ah Ahmadiyah

1 Response to "Makna Shaum/Puasa dalam Rukun Islam"

sharing sedikit tentang Puasa / Shaum dari bolg k-4-s.info
Definisi dan Penjelasan Shaum / Puasa dalam Islam
semoga bermanfaat.
mohon maaf jika ada yang kurang pas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya.

September 2009
M S S R K J S
« Agu   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Rated

Tweetku

RSS Berita Detik

  • Ajax Redam PSG 1-1 17 September 2014
    Paris Saint Germain gagal membawa pulang kemenangan dalam lawatan ke Ajax Amsterdam. Meski mampu unggul lebih dulu, PSG akhirnya harus puas bermain imbang 1-1.
  • Guarin Mulai Kisah Baru bersama Inter 17 September 2014
    Fredy Guarin tetap bertahan di Inter Milan meski masa depannya sempat dispekulasikan dalam beberapa waktu terakhir. Dia kini akan memulai kisah barunya bersama Nerazzurri.
  • Porto Pesta Enam Gol ke Gawang BATE 17 September 2014
    Porto memetik kemenangan telak 6-0 atas BATE Borisov di matchday pertama Grup H. Yacine Brahimi menjadi bintang kemenangan Porto lewat hat-trick yang dicatatnya.
  • Gol Pique Beri Barca Kemenangan atas APOEL 17 September 2014
    Barcelona mengawali kampanye Liga Champions 2014/2015 dengan poin penuh. Menjamu APOEL Nicosia di Camp Nou, Kamis (18/9/2014) dinihari WIB, The Catalans menang 1-0 berkat gol Gerard Piqeu.
  • Roma Hajar CSKA 5-1 17 September 2014
    AS Roma memulai langkahnya di Liga Champions dengan gemilang. Menjamu CSKA Moskow, Giallorossi menang telak 5-1.
  • Gol Boateng di Menit 90 Menangkan Bayern atas City 17 September 2014
    Bayern Munich menang tipis dengan skor 1-0 atas Manchester City pada pertandingan pertamanya di Liga Champions musim ini. Die Roten menang berkat gol Jerome Boateng pada menit ke-90.
  • Chelsea Ditahan Schalke 1-1 17 September 2014
    Cuma satu angka yang diperoleh Chelsea saat melakoni laga pertama fase grup. Menjamu wakil Bundesliga, Schalke, The Blues diimbangi 1-1 dalam laga di Stamford Bridge, Kamis (18/9/2014) dinihari WIB.
  • Waspadai Sejumlah Titik ini di Jakbar yang Masih Marak Preman 17 September 2014
    Polres Jakarta Barat yang memiliki Tim Pemburu Preman berhasil mengamankan 151 preman dalam operasi yang dilakukan dalam 10 hari. Meski begitu, polisi mengakui kelompok premanisme perorangan atau kelompok kecil masih marak.
  • Ajax 0-1 PSG 17 September 2014
    Paris Saint Germain tampil sangat dominan saat dijamu Ajax Amsterdam di matchday I Liga Champions. Punya banyak peluang, PSG menyudahi babak pertama dengan keunggulan 1-0.
  • Turun Minum, Roma Ungguli CSKA 4-0 17 September 2014
    AS Roma menutup laga babak pertama melawan CSKA Moskow di Stadio Olimpico, Kamis (18/9/2014) dinihari WIB, dengan keunggulan telak 4-0. Gol-gol tuan rumah diciptakan oleh Juan Iturbe, Gervinho (dua gol), dan Maicon.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: