Dildaar80's Weblog

Makna Shaum/Puasa dalam Rukun Islam

Posted on: 8 September 2009


Rukun Islam ketiga adalah Puasa. Pada umumnya manusia tidak menyadari fitrat hakiki daripada laku puasa, samanya seperti orang yang belum pernah bepergian ke suatu negeri maka ia tidak akan bisa menceritakan kondisinya. Yang dimaksud dengan laku puasa bukan hanya asal lapar dan haus saja. Puasa memiliki realitas dan efek yang hanya bisa diketahui melalui pengalaman.

Sudah menjadi fitrat manusia bahwa tambah sedikit yang dimakannya maka tambah tinggi derajat pensucian ruhani yang bisa dicapainya serta bertambah kapasitasnya untuk mendapatkan kashaf. Apa yang dikehendaki Tuhan dalam hal ini adalah mengurangi asupan jenis makanan yang satu dan meningkatkan asupan jenis ‘makanan’ lainnya. Seseorang yang berpuasa harus selalu mencermati hal ini bahwa tujuan daripada berpuasa bukanlah semata-mata melaparkan diri tetapi perlu baginya membagi waktu untuk zikir Ilahi agar ia bisa meninggalkan kehidupan duniawi dan berpaling kepada Tuhan. Dengan demikian makna laku puasa adalah dengan mengkaliskan satu jenis makanan yang menghidupi tubuhnya ia akan memperoleh jenis ‘makanan’ lain yang menghidupi dan memuaskan ruhaninya.

Orang yang berpuasa demi Tuhan-nya dan bukan karena tradisi atau adat kebiasaan, ia sepatutnya menyibukkan diri dengan tasbih dan takbir Ilahi disamping merenungi dirinya sendiri agar jenis ‘makanan’ yang lain itu dikaruniakan pula kepadanya.

penerjemah alm Abdul Qoyyum Khalid dari malfuzhat/sabda-sabda Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad, Pendiri Jama’ah Ahmadiyah

1 Tanggapan to "Makna Shaum/Puasa dalam Rukun Islam"

sharing sedikit tentang Puasa / Shaum dari bolg k-4-s.info
Definisi dan Penjelasan Shaum / Puasa dalam Islam
semoga bermanfaat.
mohon maaf jika ada yang kurang pas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya.

September 2009
M S S R K J S
« Agu   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Rated

Tweetku

RSS Berita Detik

  • Tiga Opsi Koalisi PPP Pasca Islah 23 April 2014
    Keputusan PPP untuk islah sekaligus menganulir niatan koalisi sang Ketum Suryadharma dengan Gerindra. Harapan Suryadharma pun pupus dan opsi koalisi kembali bergulir ke angka nol.
  • MU Dikabarkan Takkan Permanenkan Giggs 23 April 2014
    Ryan Giggs hanya akan jadi manajer interim. Kabar ini muncul setelah Manchester United disebut bersikukuh untuk menunjuk manajer yang lebih berpengalaman.
  • Pedrosa Berpeluang Lewati Catatan Barros 23 April 2014
    Dani Pedrosa termasuk dalam jajaran pebalap yang mengumpulkan poin terbanyak di kelas premier balap motor grand prix. Terkait hal ini, Pedrosa punya kans untuk melewati catatan Alex Barros.
  • Benzema Bawa Madrid Taklukkan Bayern 1-0 23 April 2014
    Real Madrid tampil sebagai pemenang di leg pertama semifinal Liga Champions. El Real menang tipis 1-0 atas Bayern Munich berkat gol Karim Benzema.
  • Januzaj Konfirmasi Dirinya Pilih Belgia 23 April 2014
    Gelandang muda Manchester United, Adnan Januzaj, membenarkan kabar yang menyebut dirinya memilih tim nasional Belgia. Januzaj kini siap untuk memperkuat The Red Devils --julukan timnas Belgia.
  • Jika SDA Tidak Datang, Mukernas PPP Akan Bahas Pengukuhan Ketum Baru 23 April 2014
    Posisi Suryadharma Ali sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berada di ujung tanduk. Pasalnya jika SDA tidak hadir di Mukernas III PPP, forum akan membahas mengenai pengukuhan Waketum PPP Emron Pangkapi sebagai pemimpin partai.
  • Tawuran FBR Vs PP Pecah di Depok, 1 Orang Luka-luka 23 April 2014
    Tawuran antar ormas Pemuda Pancasila (PP) dengan FBR kembali pecah di Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Tawuran yang terjadi Rabu 23 April sekitar pukul 21.00 WIB menyebabkan 1 orang luka-luka. Selain itu sebanyak 12 orang ditangkap.
  • Ini Perolehan Suara Parpol dan Caleg DPR RI dan DPD di Jakarta Utara 23 April 2014
    Perhitungan rekapitulasi suara dari Jakarta Utara baru saja selesai. Hasil rekapitulasi menunjukkan PDIP mendapat suara terbanyak dengan meraih 102.582 suara. Berikut adalah rincian perolehan suara Partai dan caleg DPR RI di wilayah Jakarta Utara:
  • 'Respek untuk Giggs Begitu Luar Biasa' 23 April 2014
    Eks gelandang Manchester United, Quinton Fortune, memberi selamat kepada Ryan Giggs. Dia yakin Giggs bisa menuntun United di akhir musim ini karena dia adalah sosok yang dihormati pemain-pemain lainnya.
  • Respek Conte untuk Benfica 23 April 2014
    Pelatih Juventus Antonio Conte menaruh respek yang besar untuk lawan timnya di babak semifinal Liga Europa, Benfica. Dia juga menyebut Benfica sebagai tim yang sangat tangguh.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: